Cara Merawat Pompa Air agar Tahan Lama dan Awet

Pompa air adalah alat yang digunakan sehari-hari dalam memenuhi kebutuhan rumah tangga maupun industri. Singkatnya, pengertian pompa itu sendiri adalah satu alat mekanis yang dirancang untuk memindahkan zat cair dari suatu tempat ke tempat yang lain. Sebagus apapun pompa air yang anda miliki, tetap saja anda harus merawatnya dengan baik, agar kinerjanya tidak menurun dan tahan lama selama masa pakainya.

Merawat adalah hal yang mudah namun perlu ketekunan dan menjadikan suatu kebiasaan. Karena terkadang anda mengetahui cara merawat pompa air, akan tetapi anda malas untuk melaksanakan. Untuk itu berikut adalah cara dalam merawat pompa air agar tahan lama dan awet selama pemakaian pompa air:

  1. Perhatikan mesin secara berkala.

Mesin pompa air harus diperhatikan lebih mendalam. Bukan hanya itu saja, mesin pompa air harus dirawat dengan memeriksa kelancarannya. Biasa dilakukan dengan mengecek sebulan sekali atau dua bulan sekali, sehingga bila ada kerusakan atau gangguan pada mesin sudah dapat diketahui.

 

  1. Pastikan daya listrik rumah memadai.

Maksudnya adalah tegangan yang mensuplai pompa air cukup tidak lebih atau kurang. Jika berlebihan tentu akan membuat dinamo pompa air cepat panas, dan bisa saja merusak kapasitor atau gulungan dalam motor dinamo. Untuk menanggulanginya anda bisa menggunakan stavol atau stabilizer.

 

  1. Jangan menggabungkan steker atau saklar pompa air dengan peralatan listrik lainnya.

Artinya sebisa mungkin jalur untuk mensuplai tegangan pada pompa air diberikan jalur khusus dari kabel induk atau tidak bercabang-cabang. Hal ini dimaksudkan agar daya yang dibutuhkan tidak berkurang, dan tidak cepat merusak saklar atau steker. Bahkan di beberapa kasus bisa menyebabkan pompa air terbakar.

 

  1. Periksa bagian kabel dan pipa.

Pemeriksaan kabel dan pipa paralon berguna untuk mengetahui apakah terjadi kerusakan atau kabel dan pipa paralon tersebut masih utuh. Biasanya kabel sering mengalami terkelupas, entah karena gesekan, kepanasan karena daya listrik yang tinggi atau paralon kegencet benda berat sehingga pecah. Bila diketahui ada kerusakan maka segera membungkus kabel tersebut dengan lakban yang kuat, termasuk paralon yang pecah atau bocor harus ditambal agar tidak mengalami kekurangan debit air yang diharapkan.

 

  1. Pastikan tempat pompa air terlindungi.

Jangan memasang pompa air di tempat yang terbuka atau terlindung dari panas dan hujan maka bisa membuat pompa air bisa bertahan lama. Untuk itu buatkan tempat khusus yang terhindar dari hal-hal tersebut.

 

  1. Jika air disumur kosong, jangan menghidupkan pompa air

Hal ini bisa menyebabkan panas berlebih pada pompa air, sehingga menyebabkan kerusakan bahkan bisa terbakar karena tidak ada air yang masuk ke pompa air. Sehingga tidak ada rotasi air yang mendinginkannya.

 

  1. Bersihkan pompa air secara berkala

Hal ini untuk menghindari pompa air dari karatan, atau kotoran yang bisa saja masuk ke dinamo motor pompa air. Karena bagian elektronik pada mesin akan cepat mengalami kerusakan bila banyak debu atau kotoran yang menempel terlalu lama. Jadi untuk menanggulangi hal tersebut tentu harus anda bersihkan pompa air anda 2 bulan atau 3 bulan sekali.

 

Demikian informasi mengenai cara merawat agar pompa air tahan lama dan awet. Semoga dapat bermanfaat bagi Anda yang membacanya. Selamat membaca dan terima kasih.