Memilih Pompa Air Listrik

Untuk memenuhi kebutuhan rumah tangga seperti air bersih, tak perlu mengambil air dari berbagai sumber air seperti di lereng-lereng gunung, menimba air dari dalam sumur, atau memakai pompa manual dengan tangan. Sekarang, sudah tersedia alat pompa air bertenaga listrik yang jelas-jelas mampu memudahkan kita dalam memenuhi kebutuhan air.

Untuk memasang pompa ini dibutuhkan keahlian dan peralatan khusus. Sebelumnya harus sudah tersedia sumur. Bila belum, harus dengan cara pengeboran tanah untuk sampai ke lapisan yang terdapat sumber air. Pemasangan instalasi pompa air ini juga butuh keahlian dan cukup rumit. Untunglah, tenaga ahli untuk pemasangan pompa ini sangat mudah diperoleh. Di toko-toko penjual instalasi pompa atau toko bangunan biasanya sudah tersedia tenaga ahli untuk keperluan ini. Tentu, untuk tarifnya bisa dinegosiasi. 


Jenis-jenis pompa air listrik

  1. Pompa air sumur dangkal. Pompa ini sesuai untuk kebutuhan rumah tangga.
  2. Pompa air sumur dalam (jet pump) yang banyak dipakai pada industri atau rumah-rumah dengan gedung yang bertingkat.


Pompa air sumur dangkal
Pompa air sumur dangkal memiliki daya hisap sekitar 9 meter ke dalam dan memiliki daya dorong 24 meter dari pompa ke tower atau tempat penampungan air. Ada dua macam pompa, yaitu otomatis dan non-otomatis. Pompa air sumur dangkal yang otomatis memiliki alat sensor dan alat penekan. Kedua alat ini berfungsi menghentikan atau mematikan pompa bila air di tempat penampungan telah penuh. Pompa juga akan berhenti mengalirkan air bila panas mesin pompa telah melebihi batas ambang. Sedangkan jenis yang nonotomatis tidak memiliki alat sensor dan alat penekan. Untuk menghentikan atau mematikan mesin perlu dilakukan dengan bantuan tangan manusia atau secara manual.

Pompa air sumur dangkal, pada umumnya dilengkapi dengan penutupnya (rumah pompa) supaya lebih rapi dan aman dari gangguan air hujan dan panas terik matahari. Namun, ada juga yang tak dilengkapi dengan penutup mesin sehingga harganya tentu lebih murah. Kedua jenis pompa air sumur dangkal tersebut membutuhkan daya litrik 125-250 Watt.

Pompa air sumur dalam
Pompa air sumur dalam atau yang lebih populer dengan sebutan jet-pump memiliki daya hisap mencapai 50 meter dan daya dorong ke atas mencapai 50 meter pula. Disebut jet pump karena memiliki 2 pipa yaitu pipa pertama berfungsi meniup udara ke bawah dan pipa lainnya menyedot air ke atas. Memiliki pompa air jet pump memang akan menjamin ketersediaan air, tapi pompa ini akan merusak ketersediaan air di dalam tanah.

Keluhan yang terjadi pada mesin pompa air listrik

  • Dinamo rusak karena mesin terlalu panas atau terbakar. Bisa juga disebabkan mesin terendam air pada saat musim hujan tiba. Disarankan, letak mesin berada di tempat yang tinggi dan selalu terlindungi oleh terpaan air hujan secara langsung.
  • Alat sensor tidak berfungsi. Hal ini bisa saja terjadi karena alatnya rusak atau instalasi air bocor sehingga air tidak mau berhenti mengalr walau kran sudah ditutup.

Bila terjadi kerusakan pada mesin pompa, di toko-toko bangunan dan reparasi sudah tersedia suku cadangnya.

(Sumber: http://birdbody.blogspot.co.id/)