Penyebab Pompa Air Tidak Dapat Menghisap Air

Sebelum membahas masalah penyebab pompa air tak mau menghisap air, sebaiknya perlu diketahui dulu bagian-bagian dari pompa air. Secara garis besar pompa air terdiri dari dua bagian penting agar dapat bekerja sesuai fungsinya yaitu:

  1. Motor listrik atau dinamo yang bertugas memutar bagian utama pompa air. Dinamo ini terdiri dari rotor yang bisa berputar dan bodi dinamo yang sekaligus berfungsi sebagai tempat lilitan kawat tembaga yang bertugas menginduksi rotor agar berputar.
  2. Rumah pompa yang terdiri dari kipas rotari, nok seal, dan ruang sistem rumah siput sederhana. Bagian ini yang berperanan penting dengan fungsi menghisap dan memompa air. Secara spesifik bagian pompa ini dirancang sedemikian rupa agar ketika kipas rotari berputar air yang menggenangi rotari ikut berpindah mengikuti arah gerak memutar rotari. Prinsip ini dimanfaatkan untuk memindahkan air dari sisi kiri ke sisi kanan secara kontinyu. Sehingga timbul efek menghisap dan memompa.

Pompa air memiliki dua pipa yang harus masuk ke sumur. Dua pipa ini berfungsi untuk sirkulasi air, pada ujung pipa terdapat mata jet. Mata jet yang membuat sirkulasi sambil menghisap air makanya kalau alat  ini buntu atau tersumbat tidak dapat menghisap air. Selain mata jet yang tersumbat, setelan stop kran atau ball valve juga bisa menyebabkan air tidak dapat keluar karena jika ball valve di buka full, maka tekanan untuk sirkulasi menjadi lemah kecuali pada sumur yang memiliki permukaan dangkal. Langkah-langkah yang harus dilakukan jika pompa jet pump tidak dapat menghisap yaitu:

  1. Buka tabung preasure tank atau dop (jika tidak menggunakan tanki) kemudian lihat terdapat air atau tidak, jika tidak ada air kemungkinan pipa hisap atau tozen klep bocor. Cobalah untuk mengisi air pancingan jika membutuhkan banyak air kemungkinan kerusakan pada tozen klep. Itu berarti pipa harus diangkat agar bisa mengganti tozen klep.
  2. Periksa ball valve jika terbuka full coba agak ditutup dan liat apakah airnya naik atau tutup full dulu dan liat preasurnya naik atau tidak, jika tidak naik masalah bukan dari ball valve.
  3. Periksa mesin pompa terutama putaran dinamo lalu panasnya normal atau tidak, jika panasnya tidak normal berarti kerusakan ada pada dinamo.
  4. Setelah memeriksa dinamo periksa impeller kemungkinan impeller pecah atau buntu sekalian cek sealnya. Karena jika sealnya bocor juga bisa menyebabkan pompa tidak dapat menghisap air.
  5. Jika semua langkah diatas sudah di chek dan hasilnya bagus maka yang bermasalah adalah pada mata jet yang tersumbat atau saringan tozen klep kotor. Jika masalah ini terjadi, pipa yang ada di dalam sumur harus diangkat dan kemudian mata jet di bersihkan, dan juga cek tozen klep dan saringanya.

Dalam kaitannya dengan ini maka harus terpenuhi syarat-syarat dan harus vakum. Sehinga tidak ada selain air yang masuk. Sedikit saja ada kebocoran udara di saluran hisap akan mempengaruhi proses penghisapan air. Karena udara sifatnya lebih mudah mengalir melalui celah kecil dibandingkan dengan air.

Demikian informasi mengenai penyebeb pompa air tidak dapat menghisap air. Semoga dapat bermanfaat bagi Anda yang membacanya. Selamat  membaca dan terima kasih.