Pompa air antisipasi banjir prioritas DKI Jakarta

Pompa air antisipasi banjir prioritas DKI Jakarta
 
 ... sekitar Bukit Duri dan Kebon Baru misalnya, banyak pemukiman yang terendam banjir karena ada dinding turap... 
 
Jakarta (ANTARA News) - Dinas Pekerjaan Umum (PU) DKI Jakarta akan segera memperbaiki pompa-pompa air sebagai langkah antisipasi banjir jangka pendek. 

"Untuk antisipasi jangka pendek, langkah pertama yang menjadi prioritas kami adalah memperbaiki pompa-pompa air," kata Kepala Dinas PU DKI Jakarta, Agus Priyono, di Jakarta, Senin. 

Menurut dia, pompa-pompa air tersebut sangat dibutuhkan karena berfungsi mengalihkan air yang menggenangi pemukiman warga menuju waduk atau sungai terdekat. 

"Selain itu, pompa air juga berfungsi mengalirkan air dari waduk menuju laut atu dari sungai satu ke sungai lainnya apabila kapasitas air terus meningkat akibat tingginya curah hujan," ujar dia. 

Selain perbaikan pompa-pompa air, dia menuturkan langkah antisipasi banjir untuk jangka pendek lainnya, yakni meninggikan jalan yang seringkali menimbulkan genangan. 

"Di beberapa wilayah, sekitar Bukit Duri dan Kebon Baru misalnya, banyak pemukiman yang terendam banjir karena ada dinding turap yang dilubangi. Akibatnya, air menerobos ke jalan dan menimbulkan genangan," tutur Agus. 

Dia mengungkapkan di kedua wilayah tersebut, masih terdapat jalan yang masih belum ditinggikan, yaitu di sisi utara, karena di sisi selatan sudah ditinggikan terlebih dahulu. 

"Sesegera mungkin kita akan lakukan peninggian jalan di sisi utara wilayah tersebut dengan memanfaatkan anggaran perubahan. Di sisi utara itu masih terendam, sedangkan di sisi selatan sudah tidak terendam lagi karena sudah ditinggikan," kata dia.
 
 
 

Sumber : www.antaranews.com